36 Jam yang Mengesankan

Kalo kata Pak Sakir:

Segala sesuatu sebaiknya kita tulis agar kita dapat berbagi pengalaman bagi yang membacanya.

Dan kali ini gue mau share secara singkat ke kalian tentang 36 jam yang mengesankan bagi gue.

Tanggal 29 Maret sekitar pukul 3 sore, gue dapat telepon dari nomor kantor. Dan, ternyata telepon undangan untuk seleksi penerimaan pegawai RS Mekar Sari Bekasi, besok jam 9 pagi. Oh ternyata gini loh rasanya dapat telepon dari HRD.

Oke besoknya tanggal 30 Maret jam 8 pagi lewat 10 menit, gue sudah sampai di lantai 4 bagian manajemen. Disana gue bertemu dengan kak Hana yang sudah sampai sebelumnya. Satu persatu calon karyawan datang. Akhirnya pada hari itu ada 6 bidan, 3 perawat dan 4 pramusaji yang ikut seleksi. Dalam hati gue bilang: oh gini yah rasanya ketemu teman sejawat yang samasama berjuang.

Jam 10 sampai jam 12 siang kita tes tulis di satu ruangan. Dari mulai pengisian formulir, tes psikotest dan yang terakhir tes kompetensi bidang. Dan, Alhamdulillah terlewati.

Setelah ISHOMA, mulai deh kita wawancara. Kita tiga kali wawancara ya.

  1. Wawancara pertama dengan Manager HRD. Pertanyaannya meliputi personality, teamwork dan kemampuan akademik kita selama di lahan.
  2. Wawancara kedua dengan Kepala Unit. Of course my unit is Midwivery. Disini kita juga ditanya tentang personality, dan pembahasan kasus yang lebih spesifik.
  3. Wawancara ketiga dengan bagian manajemen. Berhubung RS Mekar Sari Bekasi sebentar lagi akan akreditasi, maka calon pegawai nya pun harus tahu apa saja yang biasanya ditanya oleh observer/penilai. Mulai dari langkah-langkah mencuci tangan, bantuan hidup dasar, kedalaman ventilasi pada orang dewasa berapa centi dengan hitungan pemberian tekanan berapa kali dalam berapa menit, identifikasi pasien dalam pemberian obat (jawabannya: nama dan tanggal lahir) sampai warna-warna stiker untuk pasien yang alergi obat/resiko jatuh/DNR. Jujur disini gue ngerasa bodoh sekali. Yang gue pelajari selama ini pada kemana…… dan akhirnya dibuat PR. Kalo diterima gak boleh masuk ruangan dulu sebelum setoran PR sama teteh (yang wawancarain kita).

Very well, wawancara pun sudah selesai. Pukul 7 malem, pak Sakir memberikan evaluasi pada kita semua.

Salah satu evaluasi yang gue dapatkan dari pak Sakir adalah ini:

Pengalaman kerja yang terlalu banyak di mata RS itu jelek sekali. Seakan kamu gak konsisten dan komitmen dalam menjalankan pekerjaan tersebut. Apalagi dalam waktu kurang lebih 1 tahun.

Ternyata setelah evaluasi kita langsung dikasih tau hasilnya sama pak Sakir. Bagi gue yang banyak kurangnya, sesuatu yang gak disangka-sangka terjadi.

Terimakasih pak Sakir atas segala masukan dan pengalaman yang diberikan kepada saya. Terhitung dari tanggal 29 Maret sore sampai 30 Maret malam, kurang lebih 36 jam yang mengesankan, HRD RS Mekar Sari Bekasi telah memiliki cerita sendiri dalam hidup saya.

Segala puji bagi Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya yang telah diberikan kepada kami.

Leave a Reply

